>Mahasiswa FAI – UMSB PADANG ikuti pelatihan IPTEK

>

Charles,Artik : Selama dua hari penuh, mahasiswa Fakultas Agama Islam UMSB dengan semangat dalam mengikuti pelatihan iptek yang diadakan oleh pembantu rektor I. Pelatihan itu laksanakan di labolatorium computer milik UMSB sendiri, pada tanggal 3-4 april 2010. Tidak sedikit peserta yang hadir, karena dirasa pentingnya menguasai tekhnologi dijaman yang serba modern sekrang ini.

Sedangkan tujuan pelatihan ini diadakan agar mahasiswa FAI, selain mahir dibidang ilmu agama juga harus mampu menggunakan tekhnologi sebagai skill bagi calon seorang guru agama, jelas purek I, Drs.Ilpi Zukdi,Mpd pada saat memberikan informasi di ruang perkuliahan,(25/3/10). kemudian beliau menambahkan pada lain waktu, bahwa mahasiswa yang tidak mengikuti pelatihan ini akan merasa rugi, karena tidak mudah mempelajarinya kecuali dengan bimbingan khusus. Tidak berbeda pula oleh Drs.Mursal,M,Ag, selaku Ketua Jurusan II FAI pada lain hari, beliau mengatakan pelatihan itu sangat penting sekali untuk diikuti dan dipelajari, karena demikian itu akan sangat membantu serta membekali mahasiswa dalam menggunakan tekhnologi dalam dunia pendidikan.

Multimadia pembelajaran interaktif ( pembuatan animasi dan slide interaktif ), adalah module yang diajarkan kepada mahasiswa peserta pelatihan tersebut. Pelatihan ini tidak hanya sebagai bekal media pembelajaran bagi calon seorang guru, akan tetapi dari pelatihan itu setidaknya mahasiswa sudah mampu berkreasi membuat animasi gambar bergerak, slide interaktif, tulisan bergerak, film slide, dengan berbagai model dan pernak-pernik yang indah yang dibuat oleh tangan mereka sendiri.

Mahasiswa berharap agar pelatihan ini terus berlanjut, tentunya dengan materi yang baru. Ujar Dinil, mahasiswa yang berasal dari Medan Sumatera Utara. Kemudian ia menambahkan bahwa pelatihan ini sangat baik sekali, sebagai pengalaman untuk media pendidikan.

Melihat sejarah animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-“putar” sehingga muncul efek gambar bergerak. Animasi yang tertua telah diperkirakan adalah wayang kulit. Karena wayang memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.

Animasi mulai berkembang sekitar abad ke-18 di Amerika. Pada saat itu J. Stuart Blackton adalah orang Amerika pertama yang menjadi pionir dalam menggunakan teknik stop motion animation. Teknik ini menggunakan serangkaian gambar diam/frame yang dirangkai menjadi satu dan menimbulkan kesan seolah-olah gambar tersebut bergerak. Teknik ini sangat sulit, membutuhkan waktu, dan biaya yang banyak. Karena untuk menciptakan animasi berdurasi satu detik, kita membutuhkan sebanyak 12-24 frame gambar diam. Bayangkan jika film animasi itu berdurasi satu jam bahkan lebih. Walaupun begitu, J. Stuart Blackton telah berhasil menciptakan bebrapa film yang berjudul J.The Enchanted Drawing (1900) dan Humorous Phases of Funny Faces (1906).



Tokoh yang dianggap berjasa besar mengembangkan film animasi adalah Walt Disney. Walt Disney banyak menghasilkan karya fenomenali Mickey Mouse, Donald Duck, Pinokio, Putri Salju, dan lainnya. Walt Disney pulalah yang pertama membuat film animasi bersuara. Yakni, film Mickey Mouse yang diputar perdana di Steamboat Willie di Colony Theatre, New York pada 18 November 1928. Walt Disney juga menciptakan animasi berwarna pertama yakni, Flower and Trees yang diproduksi Silly Symphonies di tahun 1932.

Selanjutnya, setelah teknologi komputer berkembang seperti sekarang ini, bermunculan animasi yang dibuat dengan teknologi computer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s