SLTP/MTs YPMA

Madarasah Tsanawiyah – Yayasan Pesantren Modern Al-Barakah.

Pesantren ini berdiri sejak tahun 1988, yang didirikan oleh H.Amran Dalimunthe. tepatnya di Dusun VIII  Kampung Lalang Desa Aek Hitetoras Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara. Memiliki fasilitas yang cukup. gedung permanen Madrasah Tsanawiyah Swasta ( MTs )  dan Madrasah Aliah Swasta ( MAS ), Lapangan Olah raga, Ruang Perpustakaan, Labor komputer, Kantin, Taman Kanak-kanak ( TK ) Kantor, Masjid yang Besar dan mempunyai menara, Rumah Ibadah persulukan Naqsabandiyah. dll

Madrasah Tsanawiyah Al Barakah yang ku cintai, walaupun sejak awalnya aku dipaksa oleh Ayahku untuk masuk ke pasantren itu. Dulu sebelum sekolah MTs aku paling ngeri kalau dengar pelajaran yang berbau Pesantren, Maklumlah masa anak-anak. Makanya aku milih sekolah ke SMP yang berada di Padang Halaban. Trus kata Ayah, dari pada sekolah ke SMP lebih baik enggak usah sekolah…! ujarnya dengan mantap dihatinya. dari itu dari pada aku gak sekolah ya lebih baik aku terima apa perintahnya.

Bulan berjalan dan Tahun berlalu, hingga tiga tahun hampir ku lalui tanpa terasa. hingga akhirnya aku sudah tamat sekolah. satu hal yang menyakitkan oleh ku. ketika ibu ku menerima Ijazahku  dari kepala sekolah saat penyerahan Ijazah sekaligus perpisahan, langsung ibuku memberikan Ijazah itu kepadaku.  sembari ku buka Map yang berisikan ijazah dualembar itu akupun melihat hasil ujian nasionalku. selesai itu aku melihat Ijazah Pesantrenya. akupun bingung. karna Ijazah yang bertulisan Arab semuanya.

Setrelah itu, penyesalan timbul dalam hati,  sepertinya aku tidak berhasil dalam menuntut ilmu agama di pesantren itu. karena sudah tiga tahun kulalui, namun aku tidak mampu membaca Al-Qur’an.

Akhirnya timbul lah tekad ku untuk melanjutkan sekolah SLTA guna memperbaiki kesalahanku itu. akupun hijrah sekolah ke Madrasah Aliah Swasta Al Jami’atul Washliyah di Marbau, Kecamatan Marbau.  setelah kujalani bersekolah di situ, tak lebih dari 38 hari akupun terpaksa keluar dari sekolah itu karena jalan yang kutempuh cukup jauh dan kendaraan yang harus ada serta uang jajan yang harus berlebih ( Perlu banyak biaya ).

Akhirnya, kuputuskan untuk pulang kampung ( Kembali ke Pasantren Al-Barakah ) masuk ke kelas 1 aliah bertemu kembali dengan teman-temanku dulu waktu di Tsanawiyah. Agustiar, Musa soleh Nst. Sunan Rinawan yang pindahan Dari Darul Ulum Kisaran,  Nurisniwati, Nurhasanah, Sri Yani ( Almh )  Desi Ratnasari, Sri Rahayu, Dina Gusti Sri rizki, Fatimah eni Dalimunthe, Agustina Dlm, dan Ratih Pursila, yang kesemuanya itu adalah teman selokal aku ketika di Tsanawayah.

( Dari Kiri : Sri Yahayu, Desi Ratna Sari, Nur Hasanah Sir, Dina Gusti Sri Rizki, Fatimah Eni Dlm, Nur Isniwati, Agustina Dlm, Sri Yani ( Almh ), Ratih Pursila, Charles Mc, Sunan Risnawan, Agustiar, Musa Sholih Nst )

Disitulah mulai kutekuni untuk menuntu Ilmu Agama dengan serius, walaupun terkadang sempet melupakan niat awalku. tak lebih dari 5 Bulan setelah itu, akupun sudah mantap belajar Al-Qur’an dan sudah siap untuk di Uji, Tiba Ramdhan tahun 2005 akupun mengikuti perlombaan MTQ tingkat remaja yang akhirnya tidak mendapatkan keberhasilan. namun aku yakin, kegagalan itu adalah batu loncatan dari keberhasilan. Maka Ramadhan 2006 akupun turun kembali kegelanggang MTQ sehingga aku dapat meraih juara ketiga…tak Apalah, dari pada tak dapat sama sekali…. selain itu, akupun digembleng untuk bidang-bidang lainnya, seperrti bidang da’wah. dan akhirnya aku berhasil memegang juara 2 untuk tingkat pesantren se Kabupaten Labuhan Batu serta mewakili labuhan batu untuk ikut kontes pemilihan Da’i Muda   PILDADA TPI di Kota Medan pada tahun 2007.

Inilah aku, yang dulunya waktu tamat MTs gak bisa baca Al-qur’an sama sekali yang kemudian bisa bertilawah dan berda’wah, yang semuanya itu tentu tidak terlepas dari usaha dari diri sendiri, bantuan orang tua, bimbingan guru di madrasah dan terkhusus bantuan 2 sahabat dekatku sejak SD  yang paling banyak memberikan motivasi padaku dan mengajari ku untuk bertilawah, mereka sangat ku sayang., apakah mereka masih mengingat kisah-kisah yang dulu pernah kami ukir…….? Musa Sholih Nst dan Adlin Syahputra Ritonga, ingatkah cerita kita…………….? Semoga apa yang telah kita lalui tak sirna walaupun di terpa hujan dan panas….Amiinn…

Bersambung ke  SLTA/MA YPMA…. https://laskarcharles.wordpress.com/wp-admin/post.php?post=261&action=edit

2 responses to “SLTP/MTs YPMA

  1. Subhanallah…
    masih ada foto2 jadulnya
    seandainya dulu aku uda punya hp camera

  2. hahaha…….Gak usah takut, Kan ada lorong waktu, yg bisa ngembaliin kamu ke masa lalu mu…tapi jangan lupa tuh, klu mau di kembalikan ke masa lalu, jangan lupa bawa “Hapeku” Blackcenter….hahahhahha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s